Sunday, February 11, 2018

Bahaya Campak dan Rubella, Cegah Sejak Dini!



Bahaya Campak dan Rubella, Cegah Sejak Dini!
Tahukah Anda sih bahaya campak dan rubella ini? Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa campak dan rubella merupakan infeksi virus yang umumnya ditandai dengan ruam merah di kulit. Campak dan rubella biasanya menyerang anak – anak dan remaja. Setidaknya ada sekitar 800 kasus campak dan rubella yang sudah terkonfirmasi lewat pemeriksaan laboratorium menurut data WHO di tahun lalu.
Penyakit campak dan rubella disebabkan oleh virus rubella sendiri yang bisa melakukan penyebaran dengan sangat cepat dan mudah. Penularan utama bisa saja lewat butiran liur di udara yang dikeluarkan oleh penderita lewat bersih atau pun batuk. Tak hanya itu saja, makanan maupun minuman di dalam piring atau gelas yang sama dengan penderita juga bisa menularkan campak dan rubella. Sama halnya apabila Anda menyentuh hidup, mulut, dan mata Anda setelah memegang beberapa benda yang terkontaminasi oleh virus rubella.
Campak dan rubella pastinya sangat berbahaya sekali bagi penderitanya. Siapapun yang tidak divaksinasi bisa saja terkena penyakit satu ini. Virus tersebut adalah yang paling berbahaya dan berikut ini adalah beberapa bahaya campak dan rubella yang harus Anda tahu :
·         Katarak
·         Tuli
·         Cacat jantung
·         Cacat intelektual
·         Berat badan rendah
·         Kerusakan hati dan limpa
·         Ruam kulit saat lahir
·         Kerusakan otak
·         Radang paru – paru
·         Autisme
·         Diabetes mellitus
·         Glaukoma
Cara mencegah campak dan rubella yang paling efektif dalam dengan melakukan vaksinasi, khususnya bagi wanita yang sedang hamil atau pun berencana untuk hamil. Sekitar 90% orang yang menerima vaksin ini akan terhindar dari campak dan rubella. Selain vaksin, cara mencegah penularan serta penyebaran campak dan rubella juga penting, misalnya saja dengan melakukan langkah – langkah di bawah ini :
·         Menghindari kontak langsung dengan penderita sebisa mungkin, terutama bagi ibu hamil yang belum divaksin MR atau pun MMR serta seseorang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.
·         Memindahkan penderita ke ruangan terpisah dan jauh dari anggota keluarga.
·         Menjaga kebersihan diri, contohnya saja dengan selalu cuci tangan sebelum dan setelah makan maupun bepergian, atau bila memang terjadi kontak dengan penderita.
Pada dasarnya penderita campak dan rubella pada anak cenderung alami gejala – gejala ringan dibandingkan bagi penderita dewasa. Akan tetapi ada pula penderita yang tak alami gejala apapun, namun tetap bisa menularkan virus rubella tersebut. Penyakit ini biasanya butuh waktu sekitar 14 – 21 hari sejak terjadi pajanan hingga akhirnya menimbulkan gejala. Nah, gejala paling umum dari campak dan rubella meliputi :
·         Sakit kepala
·         Demam
·         Nafus makan menurun
·         Hidung tersumbat atau pilek
·         Mata merah
·         Nyeri sendi
·         Pembengkakan kelenjar limfa di telinga dan leher
·         Ruam bentuk bintik – bintik kemerahan di wajah, lalu menyebar hingga ke tangan, kaki, dan badan. Ruam tersebut biasanya akan berlangsung selama 1 – 3 hari
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang bahaya campak dan rubella, cegah sejak dini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Daftar Buah Untuk Menghilangkan Jerawat

Daftar Buah Untuk Menghilangkan Jerawat – Dibalik rasanya yang lezat, ada jenis buah-buahan yang efektif menghilangkan jerawat. Efektiv...