Sunday, February 11, 2018

Terapi Pemulihan Skizofrenia Paling Efektif dan Ampuh



Terapi Pemulihan Skizofrenia Paling Efektif dan Ampuh

Gangguan jiwa atau yang jugadisebut dengan skizofrenia dalam istilah medisnya hingga saat ini memang jadi momok yang meresahkan. Sebab penyakit tersebut tidak hanya berdampak pada kesehatan sih pasien, akan tetapi juga pada keluarga yang sering sekali mendapatkan pandangan negatif dari masyarakat. Tak hanya itu saja, proses penyembuhannya tentu memakan waktu yang tak sebentar, bahkan kadang kalanya membuat keluarga pesien gangguan jiwa lebih memilih untuk menyerah di tengah jalan dan ambil jalan tengah, yakni merawat di rumah dengan fasilitas yang tidak memadai, alias seadanya.
Bahkan ada pula yang memilih untuk memasung pasien dengan alasan supaya sih pasien tersebut tidak kabur atau pun memberontak. Apabila gejala skizofrenia atau gangguan jiwa dirasa masih belum terlalu parah, pihak keluarga umumnya melepas pasien tanpa diberi pengawasan sebab menganggap kesadaran pasien akan berangsur pulih dengan sendirinya apabila terus dilatih mandiri. Padahal, yang demikian ini sangat membahayakan keselamatan pasien tersebut.
Skizofrenia sendiri merupakan jenis penyakit yang umumnya menyerang fungsi otak, sehingga seseorang yang menderita skizofrenia tak akan mampu lagi berpikir normal, hingga pada akhirnya melakukan beberapa tindakan di luar kewajaran. Penyebab skizofrenia hingga saat ini memang masih belum bisa dipastikan, akan tetapi ada beberapa hal yang diklaim bisa memicu skizofrenia, seperti :
·         Adanya trauma
·         Tingkat stress tinggi
·         Adanya komposisi zat di dalam totak yang tak seimbang
·         Faktor genetik
·         Penggunan obat – obatan secara berlebih
Dukungan orang terdekat
Dukungan semangat dari orang terdekat misalnya saja keluarga pasti jadi hal utama yang nanti akan tentukan keberhasilan proses penyembuhan skizofrenia. Jika dilihat sepintas memang tampak sepele, akan tetapi faktanya dukungan dari orang terdekat ini jadi faktor terpenting yang bisa tumbuhkan niat sih pasien untuk sembuh.
Melakukan olahraga secara rutin
Seseorang yang mengidap skizofrenia tidak hanya perlu tingkatkan kualitas hidupnya secara rohani, akan tetapi juga jasmani. Olahraga yang ringan, seperti lari pagi, atau pun sekadar menarik mengikuti irama lagu bisa menjadikan tubuhnya jadi lebih segar dan bugar juga menyegarkan pikiran. Olahraga seperti yoga juga bisa jadi pilihan paling tepat, supaya sih pasien jadi lebih rileks dan emosinya pun lebih terkontrol dengan baik. Selain itu, manfaat dari olahraga rutin bagi pasien skizofrenia adalah dapat meminimalisasi tingkat stress dan halusinasi.
Melakukan terapi dengan obat secara rutin
Terapi obat juga dinilai sebagai salah satu cara paling tepat untuk pulihkan kondisi sih pasien skizofrenia, meskipun yang sebenarnya terapi tersebut juga perlu waktu yang tak singkat. Jangan tunggu sampai gejala skizofrenia semakin buruk, akan lebih baik lagi jika pasien segera dibawa ke dokter untuk ringankan gejala skizofrenia yang sedang dialami. Dokter umumnya akan memberikan resep obat antipsikotik. Jenis obat ini fungsinya adalah untuk membuat sih pasien jadi lebih tenang.

No comments:

Post a Comment

edede