Sunday, February 11, 2018

Tidur Terlalu Malam Berbahaya Bagi Wanita, Jauhi dari Sekarang!




Ingat, Anda tak boleh anggap sepele kebiasaan tidur terlalu malam. Sebab pada dasarnya tidur adalah suatu kebutuhan wajib bagi seseorang di segala usia, baik itu laki – laki atau pun perempuan. Bahkan bayi yang baru dilahirkan pun butuh yang namanya kebutuhan tidur yang lebih banyak lagi. Sementara itu dalam usia dewasa atau lanjut usia butuh durasi waktu tidur normal, yakni 7 – 8 jam per hari.
Jadi, buat Anda yang sering tidur trlalu malam, ada baiknya mulai dari sekarang ubah gaya hidup buruk tersebut, sebab tidur yang terlalu malam memiliki efek buruk bagi kesehatan, khususnya bagi kesehatan syaraf. Pada artikel kali ini kami akan mencoba membagikan informasi kepada Anda tentang berbagai bahaya tidur terlalu malam bagi wanita. Silakan jauhi dari sekarang jika tidak alami bahaya berikut.
Penampilan kulit buruk
Kulit merupakan alat ukur kesehatan tubuh seseorang, khususnya wanita. Mereka dengan memiliki kebiasaan tidur yang terlalu malam umumnya memiliki penampilan kulit kurang cerah, loyoh, pucat, keriput, dan munculnya garis halus. Buat Anda wanita dampaknya akan muncul garis lingkaran bengkak di bagian mata. Hal ini umumnya terjadi karena tubuh keluarkan hormon stress, yakni kortisol yang lebih banyak lagi. Kortisol yang terlalu banyak dikeluarkan bisa merusak kolagen, sehingga kulit pun jadi tidak kenyal dan elastis.
Obesitas atau kelebihan berat badan
Tidur yang terlalu malam juga bisa menjadikan nafus makan semakin meningkat. Rasa lapar yang terlalu berlebih ini tentu akan Anda alami. Kondisi tersebut pada akhirnya memungkinkan Anda makan yang terlalu banyak, sehingga alami obesitas atau kelebihan berat badan. Rangsangan rasa lapar pada saat tidur disebabkan oleh kiriman leptin yang menjadikan otak mendorong Anda untuk ingin makan.
Memiliki ingatan yang buruk
Tidur yang terlalu malam juga bisa membuat seseorang jadi pribadi pelupa, dan hal tersebut pasti sangat memalukan. Pada saat tidur otak akan bekerja untuk mengingatkan, penyimpan memori, serta mengolah data dari syaraf terkecil pada saat masih sadar. Jadi, ketika Anda tidur terlalu malam, maka otak Anda tak akan mampu kumpulkan data – data tersebut, akibatnya Anda jadi pelupa dan kurang bergairah.
Tekanan darah tinggi
Ya, tidur terlalu malam bagi wanita ini memang cukup berbahaya sekali, sebab hal tersebut juga bisa sebabkan darah tinggi atau hipertensi. Pada saat seseorang tidur umumnya organ akan mentralisir sistem pembuluh darah dan kerja jantung pun jadi maksimal. Akan tetapi lain halnya jika seseorang terlalu sering tidur larut malam atau justru tak tidur malam sama sekali maka tekanan darahnya akan meningkat, sebab pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya, bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi Anda juga memiliki riwayat penyakit hipertensi.
Kecelakaan lalu lintas
Tidur yang terlalu malam juga bisa membuat seseorang akan tergesa – gesa bangun pagi hari untuk berangkat kerja atau memulai aktifitas sehari – hari. Hal ini bisa menjadikan seseorang mengantuk sebab kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi dengan baik. Apabila kondisi tersebut Anda alami, maka hal ini bisa jadi penyebab kecelakaan lalu lintas masalah tersebut pastinya sudah sangat sering sekali kita temui pada kecelakaan yang dialami kendaraan umum atau pun pribadi. Mereka diliputi halusinasi serta perasaan was – was. Dampaknya bisa sangat membahayakan bagi diri sendiri juga orang lain.
Depresi
Bahaya terakhir tidur terlalumalam bagi wanita adalah bisa mengakibatkan depresi berat. Hal ini umumnya akan dialami oleh mereka yang mempunyai kebutuhan kurang dari 6 jam sehari. Gejalanya adalah sering cemas berlebihan, jadi lebih sensitif, dan mudah tersinggung, serta kondisi tubuh kurang sehat. Sangat disarankan sekali buat Anda untuk tidak tidur yang terlalu malam, sebab depresi yang muncul ternyata bisa sebabkan berbagai jenis penyakit, seperti kanker dan jantung.
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tidur terlalu malamberbahaya bagi wanita. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

edede