Sunday, February 11, 2018

Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi



Sebenarnya ada banyak cara alami yang bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol tinggi, sebab memang pada dasarnya banyak tanaman yang secara turun temurun terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi atau pun trigliserida darah. Dikarenakan lebih mudah dan mudah didapat, tanaman ini banyak sekali direkomendasikan.
Akan tetapi demikian, juga perlu untuk Anda tahu bahwa mengkonsumsi tanaman obat, baik daun, akar, biji, atau pun buahnya untuk menurunkan kolesterol tinggi tak berarti Anda harus mengkonsumsinya sebanyak mungkin. Di sini Anda hanya perlu mengkonsumsi tanaman obat tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa ulasan berikut ini.
Alpukat
Cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat. Kandungan asam folat, niasin, asam pantotenat, vitamin B1, B6, C, dan E, zat besi, fosfor, glutation, serta kalium dipercaya bisa membantu menurunkan kadar trigliserida atau kolesterol tinggi. Silakan konsumsi 1 buah alpukat yang sudah masak setiap harinya.
Kubis
Kubis atau yang juga disebutdengan kol ini mengandung air, lemak, protein, serat, karbohidrat, fosfor,betakaroten, dan kalsium. Selain hal tersebut, kubis juga mengandung senyawa sulforafan, sianohidroksibutena, dan iberin yang merangsang proses pembentukan glutation. Silakan Anda konsumsi sayur kubis ini tiap hari. Anda bisa mengolahnya menjadi masalah lezat atau pun membuatnya sebagai jus segar.
Belimbing
Salah satu cara paling tepat menurunkan kolesterol tinggi yang juga bisa Anda coba adalah dengan mengkonsumsi belimbing. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam belimbing dipercaya bisa mencegah proses penyerapan lemak hingga bisa menurunkan kadar kolesterol dan cegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga bisa lancarkan pencernaan dengan baik, bahkan bisa juga jadi anti kanker. Anda bisa konsumsi 2 buah belimbing berukuran besar setelah makan pagi dan malam hari.
Akar manis
Mengandung zat seperti triterpenoid, asam ferulic, flavanoid, asam sinapic, asam amino, biotin, dan beta sitoserol dipercaya bisa bantu menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Tapi, yang perlu Anda perhatikan di sini adalah jangan menggunakan akar manis dalamdosis besar dan dalam jangka panjang. Sebab yang demikian tersebut bisa sebabkan kelemahan otot, edema, hipertensi, dan kekurangan kalium. Rebus akar manis sebanyak 10 gram ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin Anda bisa mengkonsumsinya saat pagi dan malam hari.
Daun kacang tanah
Cara alami menurunkan kolesterol tinggi dengan daun kacang tanah yang bisa Anda coba adalah dengan menyiapkan 1 genggam daun kacang tanah, lalu iris hingga halus dan masukkan ke dalam gelas, kemudian seduh dengan air panas. Biarkan selama 40 menit, kemudian saring. Anda bisa meminum airnya selagi masih hangat dan sewaktu perut masih kosong.
Nah, itulah beberapa cara alami menurunkan kolesterol tinggi yang bisa kami informasikan. Semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

edede