Sunday, February 11, 2018

Cara Menjaga Mata Agar Selalu Sehat



Memang mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati, tak terkecuali untuk kesehatan mata. Ada banyak cara menjaga mata agar selalu sehat dan tidak mengalami masalah yang bisa Anda coba. Dan mungkin saja beberapa langkah mudah berikut ini bisa Anda lakukan setiap harinya untuk menjaga kesehatan mata. Sebab jika mata Anda bermasalah, maka segala aktifitas Anda pastinya akan sangat terganggu.
Rajin memeriksakan mata
Ingat jangan menunggu terkena masalah, mulai dari sekarang silakan Anda rutin atau rajin memeriksakan kondisi mata Anda ke dokter spesialis mata, paling tidak 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan agar penglihatan Anda selalu sehat dan terlindungi. Umumnya seseorang yang sudah berusia 40 tahun ke atas bahkan disarankan untuk memeriksakan matanya 1 tahun sekali. Ini tentu berguna sekali untuk mencegah penyakit mata yang ada kaitannya dengan penambahan usia, seperti katarak dan glaukoma. Tak hanya bagi orang dewasa saja, anak usia 6 – 12 tahun pun juga harus diperiksa untuk deteksi masalah penglihatan yang mungkin saja bisa pengaruhi kemampuan belajarnya.
Rutin konsumsi makan makanan bergizi
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin C dan E, lutein, zinc, dan asam lemak omega 3 diduga bisa bantu menangkal masalah pada mata yang ada kaitannya dengan usia, seperti degenerasi makula mata dan katarak. Sayur hijau, ikan tuna, salmon, kacang – kacangan, telur, blackberry, blueberry, dan jeruk apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur bisa bantu jaga kesehatan mata Anda.
Jangan terlalu lama menata komputer atau laptop
Menatap layar komputer atau laptop yang terlalu lama bisa sebabkan sakit kepala, nyeri leher, sakit bahu, dan punggung, mata kering, sulit fokus menatap kejauhan, serta pandangan jadi kabur. Apabila pekerjaan Anda memang mengharuskan untuk berada di depan komputer atau laptop sepanjang hari, tiap 20 menit sekali coba alihkan pandangan mata Anda sejauh 6 meter selama 20 detik, ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan di mata.
Menggunakan kacamata hitam
Tak hanya kulit Anda saja perlu perlindungan dari paparan sinar matahari, akan tetapi mata pun juga demikian. Terlalu seringnya terpapar sinar matahari bisa sebabkan katarak, kornea mata terbakar, penyakit makula, degenerasi, dan kanker kelopak mata. Oleh sebab itulah, gunakan kacamata hitam atau Anda juga bisa mengenakan topi saat berjalan – jalan di siang hari yang terik.
Menjahui merokok
Pada dasarnya merokok memang tak baik bagi kesehatan, tak terkecuali bagi kesehatan mata Anda. Salah satu alasan kenapa Anda harus menjauhi merokok adalah karena rokok bisa tingkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan syaraf optik yang bisa sebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok bahkan juga bisa menumbuhkan plak pada aliran darah serta melemahkan arteri hingga timbulkan resiko serangan jantung dadakan.
Lebih rajin melakukan  olahraga
Sudah dari dulu olahraga yang rutin memang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk mata. Menariknya lagi, ternyata olahraga yang dilakukan secara rutin juga bisa mengurangi resiko kehilangan penglihatan akibat dari tekanan darah tinggi, diabetes, serta penyempitan maupun pengerasan pembuluh darah.
Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menjaga mataagar selalu sehat dan tidak mengalami masalah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

edede