Sunday, February 11, 2018

Penyebab Flu Burung



Anda pastinya sudah tahu kan dengan jenis penyakit yang satu ini? Ya, flu burung memang sempat jadi perbincangan publik sebab jenis penyakit tersebut kerap sekali menyerang manusia. Flu burung sendiri merupakan jenis penyakit influenza yang umumnya ditularkan oleh burung kepada manusia. Setidaknya ada dua jenis virus flu burung, yakni H5N1 dan H7N9. Hingga saat ini penyebab flu burung sudah terjadi tak hanya di Indoneia, akan tetapi juga di Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.
Virus influenza memang jadi viruspenyebab penyakit flu burung yang sebenarnya menyerang unggas. Infeksi dari virus flu burung pada manusia pertama kalinya dilaporkan tahun 1997 silam dengan jenis virus H5N1. Dimana jenis lain yang ternyata juga bisa menginfeksi manusia adalah virus influenza H7N9. Akan tetapi demikian, ada juga beberapa jenis dari virus flu burung lainnya, seperti H5N6, H7N7, H9N2, dan H108. Umumnya flu burung menular lewat kontak langsung dengan unggas yang terangkit virus tersebut, seperti :
·         Menyentuh unggas yang memang sudah terinfeksi dengan virus flu burung, baik yang masih hidup atau pun yang sudah mati sekalipun.
·         Mengkonsumsi daging maupun telur yang tidak diolah matang sempurna. Mengkonsumsi daging dan telur setengah matang akan menjadikan Anda tertular virus satu ini.
Selain hal tersebut, juga perlu Anda tahu bahwa bahaya yang sama ternyata juga mengintai jika Anda mengunjungi pasar unggas dengan tingkat kebersihan yang buruk. Dimana penularan dari seseorang yang terinfeksi virus flu burung kepada seseorang yang masih belum jelas mekanismenya. Tak hanya penyebab – penyebab flu burung di atas, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui beberapa gejala dari flu burung itu sendiri, seperti halnya berikut ini.
Perlu Anda tahu bahwa masa inkubasi virus flu burung dari masuk ke dalam tubuh manusia hingga akhirnya menimbulkan gejala adalah 3 – 5 hari. Seseorang yang terinfeksi virus flu burung ini umumnya akan alami yang namanya gejala seperti sakit kepala, demam, pegal – pegal, batuk, pilek, dan sesak nafas. Akan tetapi sebelum akhirnya gejala tersebut mulai muncul, ada pula penderita dari flu burung yang lebih dulu alami beberapa hal berikut ini.
·         Nyeri dada
·         Mimisan
·         Diare
·         Gusi berdarah
·         Sakit perut
·         Muntah
Demikianlah kilas informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab fluburung yang harus diwaspadai. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

edede