Sunday, February 11, 2018

Penyebab Hematuria pada Wanita



Hematuri adalah salah satu jenis penyakit yang umumnya menyerang wanita. Penyebab penyakit satu ini memang sangat beragam, bahkan kadang pula hal sepele saja seperti penggunaan obat – obatan atau pun olahraga yang berat bisa mengakibatkan hematuria.
Menurut medis, hematuria adalah darah yang ada di dalam urine. Sel darah merah yang ada di dalam urine ini umumnya berasal dari ginjal atau pun bagian mana pun dari saluran kemih, seperti prostat, kandung kemih, atau pun uretra. Penyakit tersebut biasanyaterjadi karena ada struktur pada saluran kemih yang telah rusak akibat dariterinfeksi oleh bakteri hingga akhirnya darah bercampur dengan urine.
Darah yang tercampur dengan urine umumnya terlihat sepele, akan tetapi pada kenyataannya ada beberapa kasus yang justru jadi penyebab kematian. Jadi, penting sekali buat Anda semuanya untuk mengenali penyebab hematuria supaya Anda bisa mencegahnya.
Penyebab Hematuria pada Wanita yang Harus Diwaspadai
Kanker
Penyebab pertama penyakithermaturia pada wanita adalah kanker, misalnya saja kanker kandung kemih dan kanker ginjal, yang demikian ini umumnya ditandai dari bercampurnya darah di dalam urine. Akan tetapi hal tersebut bisa saja terjadi pada saat kanker sudah ada pada stadium lanjut.
Gangguan bawaan
Selain hal tersebut, penyebab lain dari hermaturia pada wanita adalah anemia sel sabit yang umumnya terjadi karena cacat hedredite, juga gangguan bawaan lainnya seperti alport syndrome yang nanti juga akan pengaruhi penyaringan di dalam ginjal.
Cidera ginjal
Penyakit hematuria pada wanita juga bisa saja ditimbulkan karena ada pukulan atau pun cidera lain di bagian organ ginjal. Gejala yang muncul dengan adanya cidera di ginjal ini bisa dibilang hampir sama dengan penyakit punggung. Akan tetapi ada hal yang membedakan antara sakit punggung biasa dengan ginjal, khususnya pada penyebabnya. Sakit ginjal saat pinggang kanan atau pun kiri ditekan menggunakan jari, maka yang akan timbul adalah rasa sakit, sementara itu sakit pinggang biasa pastinya tidak akan terasa sakit sama sekali.
Obat – obatan
Ya, obat – obatan tertentu juga bisa jadi penyebab utama hematuria pada wanita. Penggunana obat antikoagulan, seperti heparin atau pun aspirin bisa jadi penyebab dari hematuria. Tak hanya itu, obat anti kanker seperti antibiotik dan siklofosfamid juga bisa memicu hematuria.
Olahraga berat – berat
Mungkin saja yang demikian ini dapat dikatakan cukup sepele sekali, akan tetapi pada kenyataannya olahraga yang berat – berat juga bisa memicu terjadinya hematuria pada wanita. Hal tersebut umumnya terjadi karena trauma pada bagian kandung kemih. Olahraga yang berat sebabkan dehidrasi atau pun pemecahan sel darah merah, sehingga sebabkan darah bercampur dengan urine.

No comments:

Post a Comment

Daftar Buah Untuk Menghilangkan Jerawat

Daftar Buah Untuk Menghilangkan Jerawat – Dibalik rasanya yang lezat, ada jenis buah-buahan yang efektif menghilangkan jerawat. Efektiv...