Sunday, February 11, 2018

Penyebab Masalah Skizofrenia yang Harus Dikenali



Tahukah Anda apa itu skizofrenia?Ini adalah semacam gangguan mental kronis yang sebabkan penderitanya alami namanya deluci, pikiran kacau, halusinasi, dan perubahan pada perilakunya. Kondisi tersebut umumnya akan berlangsung cukup lama, dan yang demikian ini sering sekali diartikan sebagai gangguan mental, mengingat cukup sulitnya bagi penderita untuk bisa membedakan antara kenyataan dengan pikirannya sendiri. Skizofrenia sendiri bisa saja diidap oleh siapa pun, baik laki – laki atau pun perempuan pada kisaran usia 15 – 35 tahun. Penyakit skizofrenia diperkirakan diidap oleh 1% penduduk di dunia.
Pada data Kemenkes tahun 2014 silam, bahwa jumlah penderita skizofrenia di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 400 ribu orang. Sementara itu di Indonesia sendiri ternyata akses terhadap pengobatan maupun pelayanan kesehatan jiwa hingga kini masih belum memadai. Akibatnya, sebagian besar penduduk yang ada, khususnya yang tinggal di pelosok – pelosok desa sering sekali memperlakukan pasien gangguan jiwa dengan beberapa tindakan yang tak layak, seperti pemasungan.
Sebetulnya penyebab dari penyakit skizofrenia sendiri masih belum diketahui secara pasti, akan tetapi demikian ada beberapa faktor yang diduga kuat bisa berpengaruh dalam proses pembentukan kondisi tersebut, diantaranya seperti berikut ini.
·         Bentuk struktur otak juga sistem syaraf pusat yang tak normal.
·         Ketidakseimbangan kadar dopamine dan serotonin (zat neurotransmiter yang bertugas khusus untuk membawa pesan antara sel – sel otak).
·         Genetik yang diturunkan oleh orangtua atau penyakit turunan.
·         Lahir secara prematur dan lahir dengan berat badan rendah.
·         Kekurangan oksigen, terpapar racun atau pun virus pada saat masih ada di dalam kandungan, dan kekurangan nutrisi.
·         Terjadi peningkatan aktifitas pada sistem kekebalan tubuh akibat dari penyakit autoimun serta peradangan.
·         Penyalahgunaan beberapa obat – obatan terlarang, seperti ganja, kokain, dan amfetamin. 3 penelitian besar menunjukkan bahwasannya para remaja pecandu ganja yang masih berusia dibawah 15 tahun akan memiliki resiko 4 kali lipat lebih besar untuk terkena skizofrenia sebelum usianya menginjak 26 tahun, jika dibandingkan remaja seumurannya yang sama sekali tidak menggunakan ganja. Di sisi lainnya, penggunaan kokain dan amfetamin sendiri bisa sebabkan kumatnya skizofrenia pada penderita yang sudah diklaim sembuh dari masalah tersebut dan memicu gejala psikosis, contohnya saja rasa cemas, tiba – tiba bingung, marah, atau pun curiga pada orang di sekitarnya.
Sementara itu juga ada beberapa hal yang dipercaya bisa jadi pemicu masalah skizofrenia, contohnya saja seperti sesuatu yang bisa memunculkan gejala skizofrenia pada seseorang yang beresiko terkena skizofrenia akibat dari beberapa faktor pembentuk kondisi seperti yangtelah di sebutkan di atas. Lalu pada kasus skizofrenia, stress adalah pemicu utamanya. Ada banyak hal yang bisa jadikan seseorang alami stress, seperti karena kehilangan pekerjaan, rumah, seseorang yang dicintai, perceraian, dan lain – lain.
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab masalahskizofrenia yang harus dikenali. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Daftar Buah Untuk Menghilangkan Jerawat

Daftar Buah Untuk Menghilangkan Jerawat – Dibalik rasanya yang lezat, ada jenis buah-buahan yang efektif menghilangkan jerawat. Efektiv...